HARIMAU

Taksonomi

Kita beruntung di alam Indonesia ini diberkahi oleh Allah Yang Maha Kuasa keaneka-ragaman hayati yang melimpah. Harimau adalah salah satunya. Hewan yang perawakannya gagah dan cara jalannya banyak menghilhami para peragawati ini sampai hari ini masih ada dan hidup di alam Indonesia (Sumatera). Dulu di Jawa dan Bali juga pernah ada. Sayangnya di Jawa dan Bali harimaunya sudah punah. Untuk mengenal dengan lebih dekat, berikut ini disajikan artikel tentang harimau.

  1. Spesies kucing terdiri dari sekitar 16% dari karnivora dunia. Klasifikasi taksonomi berfluktuasi karena penelitian morfologi dan genetik baru telah didokumentasikan.
  2. Keluarga Felidae memiliki 18 genera yang mencakup sekitar 40 spesies. Ada 13 genera dalam subfamili Felinae, 4 genera dalam subfamili Pantherinae dan 1 dalam subfamili Acinonychinae.
  3. Ada delapan subspesies harimau yang diakui, lima di antaranya hidup (Bengal, Amur, Indo-Cina, Sumatera dan harimau Cina Selatan). Ini subspesies dibedakan oleh distribusi geografis dan karakteristik fisik seperti ukuran panjang, rambut dan/atau ketebalan dan striping.
  • Harimau Benggala (Panthera tigris tigris) memiliki oranye kemerahan bulu berwarna coklat tua dengan garis-garis hitam vertikal. Harimau Bengal mungkin berat sampai 220 kg (480 lb) dan sekitar 2,9 m (9,5 kaki) panjangnya. Mereka mendiami benua India, India, Nepal, Bangladesh dan Burma. Ini adalah subspesies yang ditemukan di Busch Gardens Tampa Bay
  • Harimau Amur (Panthera tigris altaica) adalah spesies kucing hidup terbesar, beratnya mencapai 300 kg. (660 lb) dan panjangnya sekitar 3,3 m. (10,9 kaki). Secara historis mereka disebut harimau Siberia tetapi sejak itu berganti nama karena mereka saat ini ditemukan di dekat kawasan Sungai Amur dari Rusia, Cina dan Korea Utara, bukan di Siberia. Harimau Amur memiliki garis lebih tipis dari subspesies harimau lainnya. Mereka memiliki rambut panjang dan tebal yang membantu mereka tetap hangat di iklim dingin.
  • Harimau Indo-Cina (Panthera tigris corbetti) adalah salah satu subspesies harimau terkecil, beratnya mencapai 182 kg (400 lb) dan panjangnya sekitar 2,8 m (9ft). Mereka terdiri dari berbagai macam meliputi benua Asia tenggara wilayah (Cina selatan, Laos, Vietnam, Kamboja, Malaysia, Thailand dan Burma timur).
  • Harimau China Selatan (Panthera tigris amoyensis) adalah hewan asli Cina Tengah bagian selatan. Mereka mungkin beratnya sampai 150 kg (330 lb) dan sekitar panjangnya 2,5 m (8 kaki). Harimau Cina Selatan adalah yang paling kritis terancam punah dari semua subspesies harimau dengan perkiraan populasi antara 30 sampai 80 individu.
  • Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) adalah subspesies harimau terkecil yang masih hidup, beratnya mencapai 120 kg (265 lb) dan panjangnya sekitar 2,4 m (8 kaki). Mereka ditemukan di Sumatera, Indonesia. Bulu harimau sumatera lebih gelap dari warna spesies harimau lain dengan warna oranye kemerahan yang tegas untuk bagian luar dan bergaris-garis hitam.
  • Harimau Jawa (Panthera tigris sondaica) yang hanya ditemukan di Jawa Indonesia dan sudah punah di tahun 1980-an. Mereka memiliki garis-garis hitam tipis yang biasanya melingkar dua kali. Para harimau Jawa dan Bali sangat mirip dan dalam ukurannya yang kecil beratnya hanya 90-90 kg (200 hingga 220 lb)
  • Harimau Kaspia (Panthera tigris virgata) adalah asli dari Turki hingga Asia tengah dan barat  dan punah sekitar tahun 1950. Mereka memiliki gaya yang khas dalam berburu karena mereka mengintai mangsanya dengan bermigrasi jarak jauh daripada menguasai wilayah seperti subspesies harimau lainnya.
  • Harimau Bali (Panthera tigris balica) hanya ditemukan di Bali, Indonesia dan punah di tahun 1930-an. Harimau Jawa dan Bali sangat mirip dalam ukurannya yang kecil, beratnya hanya 90-90 kg (200 hingga 220 lb).

Tata Nama

Nama spesies tigris adalah berasal dari bahasa Yunani yang artinya “panah”. Diperkirakan namanya berasal dari sungai Tigris yang lurus (seperti panah) dan cepat-mengalir yang terletak di antara Kurdistan di Turki tengah bagian timur dan Teluk Persia.

Filogeni

Para Panthera genus meliputi empat jenis, yaitu kucing besar, harimau (Panthera tigris), singa (Panthera leo), macan tutul (Panthera pardus) dan jaguar (Panthera onca) yang mampu mengaum. Kucing besar ini memiliki lipatan vokal menebal di bawah pita suara mereka dan suara gemuruh yang dihasilkan oleh getaran dari lipatan. Secara historis, macan tutul salju diklasifikasikan dalam genus Panthera. Namun, kurang berkembangnya lipatan vokal mereka telah menyebabkan reklasifikasi mereka ke Uncia genus sendiri.

Catatan Sejarah

  1. Banyak ilmuwan percaya bahwa mamalia pertama kali muncul sekitar 208 juta tahun lalu, namun Zaman Mamalia sejati tidak dimulai sampai sekitar 65 juta tahun yang lalu, setelah dinosaurus punah.
  2. Karnivora pertama muncul dari kelompok hewan yang dikenal sebagai miacoids sekitar 60 sampai 80 juta tahun lalu. Tentang ukuran kucing domestik, 1 sampai 3 kg (2 sampai 7 lb), miacoids adalah arboreal (penghuni pohon) dan telah mengembangkan carnassials (pemotongan gigi tajam) yang mereka gunakan untuk memotong dan menghancurkan. Miacoids adalah nenek moyang harimau tertua yang tercatat sampai saat ini.
  3. Karnivora dibagi menjadi dua kelompok yang disebut Feliformia dan Caniformia yang hidup sekitar 40 juta tahun lalu. Kelompok Feliformia lebih seperti kucing dan akhirnya mencakup hewan yang termasuk kucing, hyena, musang dan mongooses. Kelompok Caniformia lebih mirip beruang dan akhirnya mencakup hewan yang termasuk beruang, musang, anjing, sigung, luak, singa laut, anjing laut dan walrus.
  4. Sekitar 37 juta tahun yang lalu musang dan mongooses menyimpang dari kelompok Feliformia ke dalam kelompok sendiri masing-masing atau clade. Hyena menyimpang dari kelompok Feliformia kemudian, sekitar 35 juta tahun yang lalu, ke clade masing-masing.
  5. Tiga puluh juta tahun yang lalu Proailurus, kucing tertua muncul dalam catatan fosil. Proailurus asalnya dari daerah yang sekarang dikenal sebagai Prancis. Hewan ini diperkirakan memiliki berat sekitar 25 kilogram, memiliki panjang sekitar 75 cm (30 in), arboreal dan memiliki delapan gigi lebih dari kucing modern.
  6. Dua puluh juta tahun yang lalu sekelompok kucing disebut Pseudaelurines muncul dalam catatan fosil dan diyakini sebagai nenek moyang langsung dari semua spesies kucing modern (37 spesies).
  7. Sekitar 1,6 juta tahun yang lalu Smilodon muncul dalam catatan fosil dan dikenal sebagai kucing bertaring tajam. Smilodon fosil ditemukan dari La Brea tar pits, yang Los Angeles hari ini, tetapi genus mereka tersebar luas di seluruh Amerika Utara dan Selatan. Nama pedang-gigi ini berasal dari taring panjang mereka bagian atas yang melengkung yang menyerupai pedang. Kucing bertaring tajam ini punah sekitar 10.000 tahun yang lalu.
  8. Bukti fosil dan informasi genetik telah menetapkan bahwa singa, macan tutul dan jaguar memiliki lebih banyak kesamaan satu sama lain daripada dengan harimau. Dengan demikian diperkirakan bahwa harimau menyimpang dari nenek moyang Panthera umum yang sebelumnya daripada anggota lain dari genusnya.

Evolusi dari Perspektif Harimau

  1. Orang-orang pertama yang memuja harimau sebagai simbol penting dalam budaya mereka adalah peradaban Harappa Indus Valley dan Mohenjo Daro (daerah yang dikenal hari ini sebagai Pakistan), sekitar 5.000 tahun yang lalu. Simbol harimau yang terukir dan dipakai sebagai jimat sebagai representasi dari kepemilikan properti.
  2. Lebih dari seribu tahun yang lalu Kekaisaran Romawi pada puncaknya. Macan dengan kekuatan besar mereka gunakan untuk tujuan hiburan di Colosseum.

SUMBER UTAMA: Seaworld.org

Posted on 18/04/2012, in Uncategorized and tagged , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: