KOMODO

Oleh PUSREFIL

Komodo, kadal terbesar di dunia

Nama ilmiah: Varanus komodoensis
Nama umum: Ora, komodo, buaya darat

KARAKTERISTIK FISIK
Komodo adalah kadal terbesar di dunia yang hidup saat ini. Mereka dapat tumbuh dengan panjang 10 kaki (lebih dari 3 meter), dengan panjang rata-rata 8 kaki (2,5 meter) dan berat 200 lbs (91 kg.). Betina biasanya di bawah 8 kaki dan berat sekitar 150 lbs. (68 kg).
Orang-orang luar negeri menyebut komodo sebagai “komodo dragon” atau naga komodo. Naga komodo memiliki penciuman yang tajam. Jika dibantu oleh arah angin yang menguntungkan, memungkinkan komodo untuk mencium
bangkai makanannya hingga 5 mil (8,5 kilometer) jauhnya. Meskipun ukurannya besar, komodo dapat bergerak cepat dan lincah. Mereka bisa memanjat pohon dan seperti semua biawak, mereka adalah perenang yang baik.
Gigi mereka menyamping padat dengan tepi bergerigi, menyerupai hiu yang makan daging. Mereka memiliki sekitar 60 gigi yang sering berganti dan diposisikan untuk memotong mangsanya. Tengkoraknya yang sangat fleksibel memungkinkan mereka menelan potongan besar makanannya. Mulut Komodo penuh dengan bakteri virulen dan bahkan jika mangsanya bertahan terhadap serangan komodo, akan meninggal akibat infeksi yang kemudian terjadi. Selain itu, 3,4 penelitian terbaru menunjukkan bahwa komodo memiliki kelenjar racun yang terutama untuk melumpuhkan mangsanya.
Panjang naga komodo yang muda hingga 29 inci (0,75 meter) tinggal di pohon dan memakan serangga, burung, telur, mamalia kecil dan reptil lainnya. Mereka akan turun dari pohon untuk mencari bangkai.

DISTRIBUSI dan HABITAT
Distribusi Komodo terbatas di Kepulauan Rinca Sunda Kecil, pulau Komodo, Flores dan pulau-pulau kecil Gili, Montang dan Padar. Padar tidak memiliki populasi permanen. Jumlah total berkisar kurang dari 1.000 km persegi. Taman Nasional Komodo mencakup semua pulau kecuali Flores.
Habitat alami satwa Komodo sangat keras menurut standar manusia. Pulau-pulau vulkanik kering yang memiliki lereng curam dan air yang sedikit sepanjang tahun. Selama musim hujan yang pendek sering terjadi banjir lokal. Suhu tahunan rata-rata permukaan laut di Pulau Komodo adalah 80F. derajat. Naga komodo banyak terdapat di hutan kering yang lebih rendah dan sabana.
Orang luar mengetahui tentang komodo setelah WW1 ketika laporan datang dari sebuah pesawat yang jatuh dan pilotnya yang selamat berenang ke Pulau Komodo.

PERILAKU
Di alam liar, Komodo umumnya hewan penyendiri, kecuali selama musim kawin. Komodo jantan menjaga dan mempertahankan wilayah dan patroli hingga 1,2 mil (2 km) per hari. Wilayah yang dikuasainya tergantung pada ukuran naga. Wilayah untuk mencari makan meluas lebih jauh dan dapat dipergunakan bersama dengan komodo jantan lain. Seekor komodo akan mengizinkan komodo lainnya untuk menyeberangi wilayahnya ketika mereka mengejar mangsanya.
Naga komodo akan mempertahankan lubang utama wilayah mereka. Kadang-kadang komodo jantan akan berenang dari pulau ke pulau yang jaraknya jauh. Mereka mengatur suhu tubuh (termoregulasi) dengan menggunakan liang.

MAKANAN
Komodo adalah karnivora dan kanibal dan memiliki nafsu makan yang luar biasa. Mereka biasanya membunuh mangsa yang besar seperti babi dan rusa kecil, dan dikenal dapat merobohkan seekor kerbau dewasa. Mereka adalah pemangsa yang oportunistik dan akan makan apa saja yang bisa mereka kalahkan termasuk komodo yang kecil dan anak-anak atau orang yang terluka (10% dari makanan mereka).
Seorang saksi mata mengungkapkan bahwa 100 lb (45 kg.) Naga komodo makan 90 pound (41 kg.) babi dalam 20 menit..
Di kebun binatang, naga Komodo diberi makan tikus yang sebelumnya dibekukan.

REPRODUKSI dan PERTUMBUHAN
Harapan hidup dari Komodo adalah antara 20 sampai 40 tahun. Seperti disebutkan di atas, naga Komodo umumnya hewan penyendiri, kecuali selama musim kawin.
Komodo jantan menekan moncongnya ke tubuh betina, dan menjulur-julurkan lidahnya yang panjang dan bercabang untuk memperoleh informasi kimia tentang penerimaan dirinya. Dia kemudian menggoresan cakarnya yang panjang di punggungnya. Jika merasa terancam, ia mengangkat dan mengembangkan lehernya dan mendesis keras.
Naga liar betina akan memanfaatkan gundukan sarang di mana dia akan bertelur hingga 30 biji. Anaknya (tukik) panjangnya sekitar 15 inci (40 cm) dengan berat 3,5 ons.
Naga muda memiliki warna yang bermacam-macam (kuning, hijau, coklat dan abu-abu); dengan kulit berbintik-bintik. Warna naga dewasa bervariasi mulai dari yang berwarna tanah merah, abu-abu hingga hitam.

STATUS: ENDANGERED
Ancaman terbesar adalah aktivitas gunung berapi, kebakaran dan hilangnya basis mangsanya. Saat ini perubahan habitat, perburuan spesies mangsa dan pariwisata mungkin memiliki efek yang paling terasa. Perdagangan komersial dalam spesimen atau kulit adalah ilegal menurut Konvensi Perdagangan Internasional Spesies Langka atau CITES (Convention on International Trade in Endangered Species).
Populasi Liar: 3.000 sampai 5.000.

Sumber: Honolulu Zoo

Posted on 25/04/2012, in Uncategorized and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. mar syahid

    keren nih infonya masbro.. request orang utan dong..😀

  2. @Mar Syahid: makasih masbro… insya Allah nanti dipostingkan:mrgreen:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: